Warna-Warni Kegiatan Mengisi Acara Dies Natalis ke 20 Fakultas Teknik

Home / Info Fakultas / Warna-Warni Kegiatan Mengisi Acara Dies Natalis ke 20 Fakultas Teknik
IMG_0997

FT UNCEN – Perayaan Dies Natalis ke 20 Fakultas Teknik dilaksanakan secara sederhana namun penuh dengan warna-warni. Wajah-wajah penuh senyum dan ceria, hadir penuh antusias, mengisi puncak perayaan kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu, 11 September 2021.

Wajah kampus yang biasanya maskulin, terlihat lebih feminim setelah dirias oleh panitia. Rentetan kegiatan dirayakan dengan sangat padat dan penuh semangat sejak pagi pukul 07.00 Wit.

Diawali dengan kegiatan: jalan santai, ibadah syukur, sambutan-sambutan (Rektor, Dekan, Ketua Ikatan Alumni FT dan mahasiswa yang diwakili oleh BEM), door prize, pelepasan balon gas ke udara, pemotongan tumpeng, pengumuman pameran lomba oleh mahasiswa Teknik Elektro, dan terakhir, pemberian hadiah kepada mahasiswa pemenang berbagai lomba, yang dilaksanakan oleh bidang kemahasiswaan FT.

Walaupun penuh antusias sejak pagi. Kegiatan jalan santai yang semula dijadwalkan jam 07.00 dengan rute kampus FT-lapangan Machandra sedikit molor. Walaupun molor hampir sejam, para undangan nampak menikmati karena dihibur oleh hiburan musik yang dibawakan oleh dosen, tendik hingga Rektor Uncen.

Molor yang istimewa. Rektor berjalan ke panggung lalu memberikan suara indahnya. Ia dipandu oleh Pembantu Dekan III FT menyanyikan tembang Papua yang dipopulerkan oleh Trio Ambisi berjudul: Maladum.

Setelah bernyanyi, Rektor bersama Dekan FT memimpin para undangan untuk bersama-sama mengikuti jalan santai.

Setelah jalan santai, dilanjutkan dengan Ibadah Pengucapan Syukur yang dibawakan oleh Pendeta Sosor Manurung M.Mis dan kemudian diisi oleh Refleksi 20 tahun perjalanan Fakultas Teknik di Papua yang disampaikan oleh Dekan FT, Dr. Ir. Johni Jonatan Numberi. M.Eng.

Saat acara pelepasan balon ke udara, sebagai bentuk simbolis harapan untuk FT dimasa yang akan datang, Dekan menyampaikan harapan kepada civitas akademika untuk bersama-sama menjaga FT.

“Kita bersyukur Bapak Rektor hadir. Beliau merupakan salah satu tokoh penggagas pendirian Fakultas Teknik, 20 tahun yang lalu. FT diperjuangkan dan didirikan oleh para leluhur, pendahulu dan para senior, baik yang telah pergi, maupun yang sekarang bersama-sama dengan kita. Hari ini, tugas kita yaitu bersama-sama menjaga, merawat, melindungi sehingga FT dapat bertumbuh, berkembang dan menghasilkan buah yang baik untuk kemajuan pendidikan SDM di tahah Papua.”

Dalam sambutannya, Rektor menyampaikan selamat atas 20 tahun hadirnya FT di tanah Papua. Ia berharap FT menjadi yang terbaik dan terus mencetak SDM unggul di tanah Papua.

“Kita semua berharap semoga fakultas ini terus maju dan berkembang dan menjadi yang terdepan dalam membangun sumber daya manusia dan teknologi. Ilmu terus berkembang, teknologi terus berkembang. Kita harus terus meng-upgrade diri agar tidak ketinggalan. Semoga Fakultas Teknik dibawah Dekan Johni Numberi maju dan berkembang menjadi Fakultas Teknik terbaik di Tanah Papua.”

Sementara itu, Ketua Ikatan Alumni Fakultas Teknik, yang juga diberikan kesempatan memberikan sambutan, menyampaikan motivasi kepada adik-adik mahasiswa sekaligus berharap agar FT lebih berperan dalam mengembangkan teknologi dimasa pandemi sesuai bidang disiplin ilmu yang ada.

“Kami bersyukur telah melalui (studi) di Fakultas ini. Harapan saya, dimasa pandemi Covid-19, Fakultas Teknik dituntut untuk menunjukan ilmunya di Tanah Papua. Covid bagi yang lainnya adalah tantangan, namun untuk FT ini adalah peluang. Peluang teknologi di masa pandemi harus diambil oleh Fakultas Teknik.”

Ia juga menyinggung mengenai musyawarah Ikatan Alumni yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. Menurutnya, Ikatan Alumni saat ini telah melakukan konsolidasi dalam rangka pelaksanaan reorganisasi.

Patrick Fandy, ST.,MT selaku Ketua Panitia Dies Natalis yang juga merupakan Pembantu Dekan III, dalam laporannya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat. Ia mengakui bahwa jadwal akademik yang padat mempengaruhi pembentukan dan kerja panitia.

“Kami bersyukur. Sekalipun jadwal kegiatan yang sangat padat di kampus FT namun panitia tetap bisa bekerja dengan maksimal dan lancar. Terima kasih kepada pimpinan Fakultas dan seluruh panitia yang telah bekerja menyukseskan kegiatan ini.”

Dipenghujung acara, hadir juga Komika Nasional, Mas Yewen (Mahasiswa PWK-FT) yang hadir menghibur seluruh tamu undangan.

Kegiatan Dies berlangsung ceria dan meriah. Turut dihadiri juga oleh Dekan Fakultas Hukum, Dekan FIK, Pembantu Dekan I FMIPA dan beberapa dosen senior lainnya di Universitas Cenderawasih.

Berikut adalah beberapa foto wajah ceria disaat acara Dies Natalis Fakultas Teknik ke-20. (Fotografer: Frumensius R.K Toby).

 

Posted in

Humas FT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *