Ungkapan Syukur Dekan FT atas Dies Natalis Uncen ke 58

Home / Info Fakultas / Ungkapan Syukur Dekan FT atas Dies Natalis Uncen ke 58
Dr Johni Numberi

Puji dan syukur tiada akhir, segenap Civitas Akademik Fakultas Teknik kepada Tuhan Yang Esa, atas perjalan panjang Universitas Cenderawasih yang saat ini telah mencapai usia 58 tahun (1962-2020).

58 Tahun adalah rentang waktu yang panjang bagi Uncen untuk terus mengembangkan diri dan berkontribusi, dalam penerapan Tridharma Perguran Tinggi, guna turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa dan membangun negeri, khususnya tanah Papua.

Seiring perjalanan waktu, para pemimpin terus berganti, datang dan pergi dengan menorehkan bakti pemimpin dan membawa Uncen ke arah kemajuan dan masa depan yang berarti.

Kini memasuki masa normal baru dan zaman relovusi 4.0, dengan tantangan baru yang terus berubah, dan berbagai peluang yang hendak dihadirkan pada masa depan Uncen seperti: penggunaan teknologi sistem informasi (internet) dalam segala urusan akademik, kuangan, Kepegawaian, perencanaan dan pelaporan yang berkelanjutan, dan terlibat aktif dalam kemajuan sosial-ekonomi, Uncen terus berupaya tumbuh dan bertransformasi sebagai organisasi pendidikan modern di Tanah Papua.

Mengisi perjalan panjang menuju masa depan tersebut, Fakultas Teknik (FT Uncen), sebagai salah satu Fakultas pada Universitas Cenderawasih terus mengambil bagian, bersinergi dan berkontribusi untuk menjadikan Universitas Cendrawasih sebagai salah satu Universitas unggul di Indonesia Timur.

Kini ada begitu banyak institusi pendidikan tinggi yang juga menawarkan penyelenggaraan pendidikan keteknikan yang serupa, namun tentu tak sama. Fakultas Teknik memilki strategi ke depan di era digitalisasi saat ini, perubahan harus dilakukan dari dalam keluar dengan inovasi berbasis IT. Online university menggambarkan karakter yang kuat disertai knowledge management system yang efektif dan efisien, sehingga sebuah universitas memiliki tendensi untuk terus berkembang menjadi lebih besar.

Kembali pada urgensi inovasi yang sudah tak dapat lagi ditawar, Fakultas Teknik Uncen dianggap sebagai katalisator dalam menciptakan dan mengawal sinergitas pembangunan keteknikan di tanah Papua. Oleh karena itu, sudah barang tentu Fakultas Teknik harus memberikan fungsi terbaiknya.

Adapun sebagai lembaga penyelenggara pendidikan tinggi dan vokasi yang dipercaya masyarakat, Fakultas Teknik seyogyanya adalah pengamal Tri Dharma yang mumpuni. Namun, menjadi ironi ketika kualitas pendidikan tak kunjung menunjukkan keberhasilan dari proses penciptaan inovasi serta rendahnya produktivitas Fakultas Teknik pada ranah penelitian dan pengabdian masyarakat.

Hadirnya Millennial generation atau generasi Y juga akrab disebut generation me atau echo boomers patut dipandang sebagai tantangan yang harus disikapi dengan arif oleh Fakultas Teknik sebagai lembaga penyelenggara pendidikan tinggi, dimana artinya untuk kita agar bersiap menyambut mereka, pendekatan yang digunakan dalam proses knowledge transfer harus berubah. Tidak lagi terpusat pada dosen sebagai tenaga pendidik, melainkan menjadi student centered learning yang didukung dengan teknologi informasi yang handal.

Oleh karena itu, Fakultas Teknik haruslah mampu untuk terus menjadi yang terdepan dan memimpin sebagai pusat ilmu pengetahuan dan budaya bangsa serta kemajuan tanah Papua tercinta. Hal itulah yang hendak diwujudkan guna membawa Fakultas Teknik harus berlari empat tahun ke depan pada kejayaan UNCEN di Usia 58 Tahun.

Mengakhiri ungkapan syukur ini, sebuah ungkapan pengingat dan nasehat untuk kita semua dalam berkarya dan berdedikasi bagi Fakultas Teknik dan Universitas Cenderawasih: “Guru yang baik itu ibarat lilin – ia membakar dirinya sendiri demi menerangi orang lain.”

DIRGAHAYU Universitas Cenderawasih.

Waena, 10 November 2020

Dr. Ir. Johni Jonatan Numberi, M.Eng.
Dekan Fakultas Teknik Universitas Cenderawasih.

Posted in

Karl Meak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *