Sosialisasi Kebijakan dan Pemanfaatan Energi Baru dan Energi Terbarukan

Home / Info Fakultas / Sosialisasi Kebijakan dan Pemanfaatan Energi Baru dan Energi Terbarukan
ebtke_1

Ketersediaan infrastruktur kelistrikan secara Nasional terus berkembang namun belum merata terutama untuk daerah-daerah terpencil. Pemerintah terus berupaya agar pembangunan sarana kelistrikkan di pelosok-pelosok daerah yang sulit dijangkau dapat dilaksanakan melalui percepatan. Salah satunya adalah program Indonesia Terang dimana prioritas pembangunan infrastruktur kelistrikkan berada pada 6 Provinsi di Indonesia Timur termasuk Papua dan Papua Barat. Infrastruktur kelistrikkan difokuskan pada pembangkit listrik yang bersumber pada Energi Baru Terbarukan (EBT) dimana secara teknis layak untuk dibangun didaerah terpencil dan memiliki akses transportasi yang sulit namun secara lokal memiliki potensi energi yang dapat dibangkitkan menjadi energi listrik.

Dalam rangka soialisasi Program Indonesia Terang melalui Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan, pada tanggal 27 September 2017, Direktorat Aneka Energi Baru dan Terbarukan Kementerian ESDM bekerjasama dengan Universitas Cenderawasih menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Kebijakan dan Pemanfaatan Energi Baru dan Energi Terbarukan yang diselenggarakan di Aula Fakultas Teknik Universitas Cenderawasih.
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terutama Kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan pemanfaatan Energi Baru Terbarukan sebagai sumber energi listrik. Acara ini dimulai dengan sambutan dari Rektor Univeritas Cenderawasih, Dr. Ir. Apolo Safanpo dan Direktur Aneka EBT Direktorat EBTKE Kementerian ESDM , Ir. Maritje Hutapea.

Selanjutnya kegiatan diisi dengan materi-materi
1. Kebijakan Energi Baru dan Terbarukan dalam mendukung Pemenuhan Kebutuhan energy Nasional oleh Abdi Dharma Saragih ,Kepala Subdit Pelayanan dan Pengawasan Usaha Aneka EBT,
2.Potensi Pengembangan Kelistrikan EBT di Papua oleh Jonathan ST dari Dinas ESDM Provinsi Papua
3. Kondisi Sistem Kelistrikan di Provinsi Papua dan Papua Barat oleh Ir. Yohanis Sukrislismono, General Manager PT PLN Wilayah Papua dan Papua Barat
4. Tantangan dan Peluan Penerapan energy Terbarukan dari perwakilan PT Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI)
Kegiatan juga diisi dengan diskusi dan tanya jawab dengan peserta yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi di Kota Jayapura.

Sosialisasi Kebijakan dan Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan ESDM-Universitas Cenderawasih

Posted in

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *