Sosialisasi dan Pengisian BKD Dosen Fakultas Teknik

Home / Info Fakultas / Sosialisasi dan Pengisian BKD Dosen Fakultas Teknik
IMG_20210909_130950

FT UNCEN – Dalam rangka pengisian Layanan Beban Kerja Dosen (BKD) melalui laman Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (Sister) maka Fakultas Teknik melaksanakan Sosialisasi dan Pengisian BKD kepada setiap dosennya.

Kegiatan yang dikordinatori oleh Pembantu Dekan Satu (PD1) dan Pembantu Dekan Dua (PD2) Fakultas Teknik ini, berlangsung mulai dari hari Rabu-Jumat, tanggal 8-10 September 2021.

Irja Tobawan Simbiak, ST, M.sc. Ph.D selaku PD 1 Fakultas Teknik menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan untuk mengingatkan dosen akan Rencana Kerja Dosen (RKD) dan Laporan Kinerja Dosen (LKD) melalui akun Sister masing-masing.

“Kegiatan ini merupakan pengingat (alarm) kepada setiap dosen untuk dapat memperbaharui data khususnya Beban Kerja. Kita perlu memikirkan langkah-langkah yang sifatnya antisipatif.”

Ia juga menambahkan, jika kegiatan ini mengharuskan adanya pembenahan dan pengarsipan data akademik di Fakultas Teknik.

“Data berbasis digital sementara dan sedang dipersiapkan oleh Bagian Akademik dalam one-drive yang nantinya akan diakses oleh setiap dosen untuk keperluan Sister, BKD, dan lainnya.”

Pada kesempatan lain, Dekan Fakultas Teknik Dr. Ir. Johni Jonatan Numberi, M.Eng jika kegiatan ini juga berhubungan dengan pembenahan dan perbaikan data akademik.

“Ada dua jenis data akademik yang harus dibenahi, yaitu, data profil dosen dan data mahasiswa. Data dosen sendiri meliputi (1) Riwayat pengajaran: Jadwal mata kuliah, Jadwal bimbingan TA, Jadwal sebagai penguji TA) (2) Riwayat penelitian dan pengabdian masyarakat. Diharapakan Untuk data penelitian dosen FT terintegrasi dengan data penelitian nasional melalui Simlibtabnas.”

Sementara itu, data mahasiswa menurut Dekan, merupakan tanggung jawab prodi, jurusan dan fakultas.

“Data pelaporan mahasiswa harus  menjadi tanggung jawab prodi, jurusan dan fakultas. Saat ini yang harus dilakukan adalah pembenahan atau penataan serta sinkronisasi data baik dari prodi hingga ke Universitas dan pangkalan data PDDikti. Data ini menjadi penting sehingga hak dan kewajiban mahasiswa baik selama di bangku perkuliahan maupun sebagai alumni terpenuhi.”

Diakhir penyampaiannya, Dekan Fakultas Teknik menyampaikan visinya mendorong FT perlahan menuju Governance University.

Posted in

Humas FT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *