Seri #4&5 Kegiatan Detasering Uncen: Kampus Merdeka – Rekonstruksi Kurikulum

Home / Info Fakultas / Seri #4&5 Kegiatan Detasering Uncen: Kampus Merdeka – Rekonstruksi Kurikulum
# Detasering 4&51

FT UNCEN – Seri kegiatan Detasering Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) Universitas Cenderawasih Seri # 4&5 dilanjutkan kembali pada hari Senin, 16 November 2020, Pukul 15.00 sampai 17.00 Wit.

Masih tetap dengan nara sumber yang sama, Dr. Drs. H. Eko Kuntarto, M.Pd, M.Comp.Eng sebagai detaser dengan judul materi pembahasan Rekonstruksi Kurikulum.

Agenda pembahasan kali ini yaitu, pertama, strategi implementasi Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) Magang / Praktik Kerja, dan kedua, Rekonstruksi Kurikulum BKP Magang.

Dalam uraian agenda pertama, Dr Eko menjelaskan tentang skema dan landasan kegiatan yang mengacu pada Permendikbud Nomor 3 tahun 2020 tentang  Standard Nasional Pendidikan Tinggi.

Beberapa uraian penting penjelasannya adalah tentang rekonstruksi kurikulum. Menurutnya, rekonstruksi kurikulum dapat dilakukan dengan tiga (3) cara:

Pertama, mengubah nama mata kuliah. Kedua, mengubah SKS dan ketiga, mengubah waktu pelaksanaannya.

Ia pun menjelaskan tentang posisi mata kuliah dalam kurikulum yang harus didasarkan pada visi-misi universitas dan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL).

Sedangkan agenda kedua yaitu praktek rekonstruksi kurikulum BKP Magang.

Pada bagian ini, beberapa peserta diberi kesempatan untuk menyampaikan hasil rekonstruksi kurikulumnya.

Kurikulum yang direkonstruksi yaitu kurikulum dari Fakultas Teknik diantaranya, dari jurusan Teknik Pertambangan, Teknik Mesin dan Teknik Elektro. Dari Fakultas lain yaitu, MIPA (Matematika) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Posted in

Karl Meak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *