Seri #1 Program Detasering Penyusunan Bahan Ajar: Pengenalan Bahan Ajar Dan Praktika

Home / Info Fakultas / Seri #1 Program Detasering Penyusunan Bahan Ajar: Pengenalan Bahan Ajar Dan Praktika
Detaser Pengenalan Bahan Ajar

FT UNCEN – Sesi pertama Detasering Penyusunan Bahan Ajar, Universitas Cenderawasih dimulai dengan materi pertama yaitu Pengenalan Bahan Ajar dan Praktika. Materi ini disampaikan langsung oleh Detaser Kemendikbud RI sekaligus Dosen Jurusan Kimia, Universitas Sudirman, Dadan Hermawan, S.Si, M.Si, Ph.D pada hari Senin 02 November 2020.  

Dalam Jadwal kegiatan yang disajikan, selain materi awal (#1) Pengenalan Bahan Ajar dan Praktika yang dilaksanakan hari ini (03/11). Materi lain selanjutnya yaitu:

  • (#2), Anatomi Bahan Ajar dan Praktika (03 November 2020)
  • (#3), Sitasi dan Antiplagiarisme (05 November)
  • (#4), Penyusunan Daftar Pustaka Dalam Bahan Ajar (16 & 17 November)
  • (#5), Praktik Penysunan Bahan Ajar dan Praktika (24 & 25 November)

Menurut Dadan Hermawan, menulis adalah bagian tak terpisahkan dan merupakan bagian dari tridarma perguruan tinggi.

Dalam persentasenya, ia pun menyampaikan bahwa dalam Peraturan atau pedoman untuk angka kredit, salah satu bagian dari penelitian adalah menghasilkan karya ilmiah sesuai dengan bidang keilmuan baik berupa buku referensi maupun monograf.

Ia menjelaskan, menulis buku referensi dalam pedoman angka kredit pointnya 40 setara dengan menulis jurnal internasional bereputasi atau terindeks scopus.

Untuk buku monograf, pointnya adalah 20 per tahun. Menulis dapat meningkatkan insentif (reward) oleh kampus dan juga dapat meningkat angka kredit.

Kegiatan ini sendiri melibatkan sekitar dua puluhan dosen dari berbagai Fakultas di Universitas Cenderawasih. Pertemuan selanjutnya akan dilaksanakan dengan materi: Anatomi Bahan Ajar dan Praktika pada 03 November 2020 .(*).

Posted in

Karl Meak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *