Kuliah Umum Fakultas Teknik Semester Genap TA. 2020/2021

Home / Info Fakultas / Kuliah Umum Fakultas Teknik Semester Genap TA. 2020/2021
Pembukaan Kuliah

FT UNCEN – Sebagai penanda untuk mengawali seluruh proses kegiatan akademik yang berlangsung pada Semester Genap 2020/2021 di Fakultas Teknik maka dilaksanakannya kegiatan Kuliah Umum.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 25 Januari 2021, dilakukan secara daring menggunakan Zoom, melibatkan 100 mahasiswa/i. Kuliah ini menghadirkan dua narasumber berbeda.

Narasumber pertama adalah  Jery A. Yudianto selaku Kepala Dinas Kominfo Provinsi Papua yang membawakan materi dengan judul: Tantantangan Penyelenggaraan Pendidikan Di Masa Pandemi.

Narasumber kedua adalah Dr. Ir. Deasy Widyastomo ST.,MT yang merupakan staf pengajar dari Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota yang mempersentasikan hasil penelitiannya berjudul: Kearifan Lokal Pemukiman Pertahanan “Puyakha-Puyakhapu” Masyarakat adat Sentani.

Pembantu Dekan I Bidang Akademik, Irja Tobawan Simbiak, ST.,M.Sc. Ph.D, dalam laporannya menyampaikan bahwa, kuliah umum merupakan sebuah agenda tiap semester yang dilaksanakan, sebagai penanda bahwa kegiatan di kampus akan segera berlangsung.

Dengan diberlakukannya kegiatan akademik secara daring, dirinya pun mengungkapkan, perlu adanya hubungan kerja sama antara FT dan Diskominfo Provinsi Papua.

“Kedepannya kita bisa bekerja sama kepada pihak Dinas Kominfo bisa mendukung Fakultas Teknik dalam menjalankan kegiatan pembelajaran  secara online.”

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik Dr. Ir. Johni Jonatan Numberi, M.Eng, dalam sambutan menyampaikan beberapa keterbatasan dan kendala dalam menyiapkan kuliah umum kali ini.

Selain itu, ia juga menyingung kebijakan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar yang kedepan, akan menjadi salah satu fokus dan target kegiatan akademik dari Fakultas Teknik.

“Ada 40 SKS yang akan dilaksanakan melalui magang kerja lapangan. Jadi, selama empat semester, mahasiswa boleh memilih dan dosen pendamping dan prodi bisa menentukan tempat diluar kampus (dunia industri/kerja) bagi mahasiswa agar dapat menyelesaikan 40 SKS, sesuai dengan arahan dari kurikulum kampus merdeka.”

Posted in

Karl Meak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *