Kuliah Umum Fakultas Teknik Semester Ganjil TA 2021/2022 Mengambil Tema: “Percepatan Pembangunan Infrastruktur Energi”

Home / Info Fakultas / Kuliah Umum Fakultas Teknik Semester Ganjil TA 2021/2022 Mengambil Tema: “Percepatan Pembangunan Infrastruktur Energi”
3

FT UNCEN – Sebagai penanda akan dimulainya kegiatan akademik semester Ganjil TA 2021/2022 maka Fakultas Teknik menyelenggarakan kuliah umum bagi para mahasiswanya.  

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 31 Agustus 2021, berlangsung secara daring melalui aplikasi zoom dan melalui channel akun youtube Fakultas Teknik.

Kuliah umum kali ini mengambil tema “Percepatan Pembangunan Infrastruktur Energi di Wilayah Papua Indonesia”, menghadirkan beberapa narasumber, baik dari pihak kampus FT, maupun pihak luar kampus.

Pemateri dari pihak internal kampus Fakultas Teknik yang dihadirkan sebagai pemateri yaitu:

  • Dr. Joni, ST, MT (Ketua Program Studi, Teknik Mesin ) dengan materi: “Pemanfaatan Teknologi Gasifikasi Biomassa Sebagai Solusi Untuk Pemenuhan Kebutuhan Listrik Pedesaan”
  • Dr. Ir. Yosef Lefaan, MT (Dosen Teknik Elektro) dengan materi: “Proyeksi Kebutuhan Listrik di Papua Berbasis Wilayah Adat dan Paradigma Pembangunan Manusia Menggunakan Model Sistem Dinamik”
  • Dr. Marthen Liga, ST, M.Eng (Dosen Teknik Elektro & Pembantu Dekan 2 FT) dengan materi: “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Pelanggan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepercayaan Pelanggan Yang Dimediasi Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus: PLN Jayapura”)

Sementara itu, para pemateri perwakilan dari luar kampus yaitu:

  • Frets James Boray, SE. M.Si (Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral)
  • Henderina Morin, SE, MPA (Kandidat Doktor, Dosen Administrasi Perkantoran Uncen), mewakili Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Papua.
  • Lambas R Pasaribu (Senior Manager Perencanaan PLN Papua & Papua Barat), mewakili General Manajer PLN Wilayah Papua dan Papua Barat.

Dekan Fakultas Teknik, Dr. Ir. Johni Jonatan Numberi, M.Eng dalam sambutannya terkait tema, menyingung isu rasio elektrifikasi guna mencapai tingkat percepatan energi di wilayah Papua.

 “Percepatan pembangunan infrastruktur energi di Papua, pertama dapat dilihat dari rasio elektrifikasi. Yang mana perubahannya sangat luar biasa. Hampir 90-94%. Hal ini menunjukan, terjadi kenaikan yang signifikan. Ada program Papua terang; BBM satu harga (distribusinya menjangkau pelosok) sesuai dengan kebijakan pemerintah, dan telah banyak membantu masyarakat menikmati listrik.”

Selain itu, Dekan juga menyampaikan usaha FT dalam mempersiapkan SDM Papua dalam rangka percepatan dan pembangunan energi di Papua.

“Kebutuhan energi saat ini adalah kebutuhan primer (mendasar dan penting). Maka dengan itu, kita (Fakultas Teknik) perlu menyiapkan SDM dengan baik. Kita perlu siapkan anak-anak kita, dari Teknik: Sipil, Mesin dan Elektro untuk kemudian hari akan berbicara tentang infrastruktur energi. Begitu juga, Teknik Pertambangan, Mineral, dan Perencanaan Wilayah dan Kota.” Ungkapnya.

“Pembelajaran dasar yang berhubungan dengan energi hampir terdapat di semua jurusan di Fakultas Teknik. Kita sedang mengarah dari energi fosil ke energi non-fosil atau energi baru terbarukan. Menuju itu, tahun ini kita sudah memiliki Program Magister S-2 Energi Terbarukan yang sudah mendapatkan ijin akademik dari Kemendikbud”, lanjutnya.

Dekan juga tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat, khususnya para narasumber yang telah memberikan materinya.

Ia pun tidak lupa menyampaikan, Fakultas Teknik, baik mahasiswa maupun dosen sangat terbuka dengan berbagai informasi yang disampaikan oleh berbagai pihak dalam rangka membangun link and match untuk kepentingan bersama.

Posted in

Humas FT

One thought on “Kuliah Umum Fakultas Teknik Semester Ganjil TA 2021/2022 Mengambil Tema: “Percepatan Pembangunan Infrastruktur Energi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *