KKN Prodi Teknik Pertambangan 2021: Membangun Kampus Dengan Ide dan Keringat Sendiri

Home / Info Fakultas / KKN Prodi Teknik Pertambangan 2021: Membangun Kampus Dengan Ide dan Keringat Sendiri
WhatsApp Image 2021-03-14 at 00.56.11

FT UNCEN – Pandemi Covid-19 mengubah konsep pemilihan tempat kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Program Studi Teknik Pertambangan di tahun ini.

Jika pada tahun-tahun sebelumnya, area penyelenggaraan kegiatan KKN selalu dilakukan di daerah seperti Biak dan Sorong, maka tahun ini, kegiatan dilaksanakan atau difokuskan di area kampus, Kota Jayapura.

Pendekatannya pun berbeda. Jika dahulu, mahasiswa berpikir/mengidekan konsepnya untuk masyarakat (melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat) maka, pada kesempatan ini, mahasiswa berpikir dan mengaktualisasikan ide gagasannya untuk kepentingan dirinya sendiri, dan juga kampus almamaternya. Mereka berpikir (mengkonsepkan) apa yang dibutuhkan di kampus dan bekerja untuk mewujudkannya.

Bertolak dari semangat itulah, sebanyak 41 mahasiswa, prodi Teknik Pertambangan, angkatan 2017 melaksanakan kegiatan kerja nyata selama sebulan di Kampus Teknik, Waena.

Terhitung semenjak bulan Februari hingga Maret 2021, para mahasiswa menginisiasikan ide dan konsepnya untuk membangun kampus sesuai dengan tahapan kerja dan jadwal yang telah mereka tentukan.

Puncak dari semua itu, pada Jumat, 12 Maret 2021, pukul 14.00 Wit, di halaman depan ruangan Jurusan Teknik Pertambangan, Dekan Fakultas Teknik melakukan penarikan mahasiswa KKN yang telah bekerja selama sebulan.

Selain melakukan penarikan mahasiswa, Dekan juga meresmikan koridor yang menghubungkan Gedung Depan Fakultas Teknik dengan Ruangan Jurusan Teknik Pertambangan serta penandatanganan prasasti.

Demas Kremusabra sebagai perwakilan mahasiswa dan Ketua Tim, dihadapan Dekan, pimpinan kampus dan para dosen menyampaikan sejumlah hal yang telah dikerjakan selama kegiatan KKN.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebulan. Terdapat tiga program prioritas yaitu pembangunan jalan dan koridor, taluk/trap dan pembuatan papan nama jurusan. Yang lainnya adalah program tambahan yaitu penebangan pohon, pembuatan saluran air dan pengecetan taluk dan ruang perkuliahan.”

Setelah penyampain laporan kegiatan secara lisan, Demas mewakili teman-temannya memberikan laporan kegiatan secara tertulis yang disaksikan oleh Pembantu Dekan Satu, Tiga, Kaprodi dan Sekretaris Jurusan Teknik Pertambangan.

Dekan Fakultas Teknik, Dr. Ir. Johni Jonatan Numberi, M.Eng dalam sambutannya mengapresiasi sejumlah hal yang telah dikerjakan oleh mahasiswa KKN demi kemajuan kampus FT khususnya Prodi Teknik Pertambangan.

“Pelaksanaan KKN merupakan bentuk dari tri dharma perguruan tinggi. KKN kita adalah KKN tematik. Yang mana KKN tematik yaitu seluruh kegiatannya direncanakan, dilaksanakan dan diawasi atau dievaluasi oleh peserta KKN sendiri. Jadwal dibuat sendiri sementara dosen hanya melakukan fungsi pendampingan. Di Fakultas Teknik, seluruh kegiatan tri dharma perguruan tinggi selalu berorientasi pada hasil, cipta dan karya. Apa yang dilakukan hari ini telah mengandung unsur-unsur itu.”

Dikesempatan yang sama, Dekan berharap bahwa fasilitas yang dibangun oleh mahasiswa, dapat dijaga oleh mahasiswa agar berguna dalam jangka waktu yang lama.

Posted in

Karl Meak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *