Kegiatan Penyusunan dan Pengembangan Kurikulum Kampus Merdeka Fakultas Teknik

Home / Info Fakultas / Kegiatan Penyusunan dan Pengembangan Kurikulum Kampus Merdeka Fakultas Teknik
Sosialisasi MBKM-3

FT Uncen – Dalam rangka mempercepat penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di lingkungan FT, maka panitia penyusunan dan pengembangan kurikulum yang telah dibentuk beberapa waktu lalu, bergerak cepat melaksanakan pertemuan awal.

Pertemuan yang dilaksanakan secara daring pada Jumat, 01 Oktober 2021, pukul 09.00-12.00 Wit menghadirkan dua agenda. Pertama, pembukaan dan kedua, sosialisasi kurikulum kepada pimpinan jurusan dan program studi.

Dr. Bernatius Julison.,ST.,MT selaku Ketua Panitia Penyusunan dan Pengembangan Kurikulum MBKM FT, dalam laporannya menyampaikan beberapa kendala dan agenda yang akan dilaksanakan dalam beberapa waktu kedepan.

“Rencana pengembangan kurikulum ini seharusnya dilaksanakan pada bulan Desember tahun lalu (2020). Dekan sudah meminta, namun baru dilaksanakan saat ini. Rencanannya dua bulan (September-Oktober) adalah waktu yang akan diberikan kepada prodi untuk mendesain kurikulumnya. Namun, karena waktu singkat, maka kami hanya memberikan waktu dua minggu kepada prodi, untuk bekerja mendesain kurikulumnya.”

Dr. Bernatius juga menyampaikan beberapa tahapan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

“Kita punya tiga session. Pertama, penyusunan kurikulum ditingkat Prodi. Kedua, lokakarya, ditingkat Fakultas. Ketiga, adalah penetapan draft hasil kurikulum diserahkan oleh panitia ke Pimpinan Fakultas. Sementara yang terakhir, kita tidak terlibat yaitu penyerahan dokumen kurikulum ke Pimpinan Universitas dan selanjutnya dibuatkan SK penetapannya.”

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik, Dr. Ir. Johni Jonatan Numberi.,M.Eng.,IPM dalam sambutannya, mengajak para dosen di lingkungan FT, untuk bekerja sama dan berkontribusi dalam menyusun kurikulum MBKM.

“Kurikulum yang kita pakai hari ini adalah kurikulum KKNI. Saat ini, kita kurang lebih, memiliki 19 doktor dan 6 lektor kepala. Ada orang-orang hebat di fakultas, pimpinan jurusan hingga para dosen. Kalau orang-orang hebat ini bisa memaksimal kemampuan untuk membuat kurikulum yang diminta Kemendikbud, maka ini satu hal yang baik bagi kemajuan fakultas dan kampus kita. Hari ini kurikulum MBKM adalah tuntutan pemerintah.”

Dekan juga menyampaikan permohonan maaf, atas ketidakhadiran Pimpinan Universitas karena ada agenda lain yang berlangsung secara bersamaan.

“Rektor sudah menghubungi sejak pagi kalau tak bisa menghadiri kegiatan ini. Beliau bersama pimpinan universitas lainnya sedang menghadiri penandatanganan MoU yang dilaksanakan di universitas.”

Kegiatan pembukaan ini sendiri berlangsung sesuai dengan agenda.

Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan pemaparan singkat dan diskusi.

Diharapkan setiap prodi dapat menindaklanjuti dengan menyusun dan mendesain kurikulumnya masing-masing setelah kegiatan ini.

Posted in

Humas FT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *