Pendampingan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Sesi#3

Home / Info Fakultas / Pendampingan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Sesi#3
haki3

Program kegiatan detasering Universitas Cenderawasih dengan kegiatan Pendampingan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) sesi ketiga berlangsung pada tanggal 4 November 2020. Pada sesi ini, kegiatan diawali dengan penyampaian materi tentang hak cipta, sifat dan tata cara pengajuannya, dimana hak cipta merupakan bagian paling sederhana dari HKI.

Selanjutnya, kegiatan diisi dengan diskusi dan klinik penulisan draft paten sesuai dengan template yang disediakan oleh DJKI. Beberapa peserta dengan antusias telah menyediakan draft yang menjadi bahan review. Bapak Dr. Ir. Johni Jonatan Numberi, M.Eng. yang juga sebagai dekan Fakultas Teknik menampilkan draft dengan invensi terkait piranti pembakaran kompor gas bahan bakar bioetanol berbasis kearifan lokal dengan karakteristik khusus seperti jumlah hole pada nozzle dan bentuk burner yang mengadopsi kearifan lokal berupa model rumah adat Papua (honai) sehingga burner yang diajukan untuk mendapatkan HKI tersebut diberi nama “honai burner”. Bapak Dr. Samuel Piter Irab, SKM, MPH dari Fakultas Kesehatan Masyarakat juga menampilkan invensi yang sedang dalam proses perolehan HKI berupa hak paten dan Merek. Presentasi yang disampaikan oleh Dr. Samuel Piter Irab merupakan contoh hasil penelitian dosen yang telah didaftarkan ke Kemenhumkan sehingga sangat memberikan motivasi dan inspirasi bagi peserta untuk dapat menyiapkan hasil penelitian yang berpotensi untuk dapat didaftarkan ke kemhumkan guna mendapat perlindungan hak atas kekayaan intelktual tersebut.

Draft paten lain yang juga telah mendapat review dari detaser disampaikan oleh Dr. Septevanus Rante Toding, SE, MM dari FKM dengan invensi mengenai produk dodol buah merah Papua bercampur kelapa muda. Sementara itu, pada beberapa draft lain belum dapat dilakukan review karena keterbatasan waktu namun detaser Prof. Retno Supriyanti memberikan kesempatan yang luas kepada para peserta untuk dapat berkonsultasi guna mendapatkan pendampingan penulisan dan pengurusan lebih lanjut ke DJKI.
Setelah 3 hari mengikuti materi tentang HKI, bagian kedua dari program detasering ini akan dilanjutkan dengan materi terkait hibah kompetisi mahasiswa (Program kreativitas Mahasiswa, PKM, dan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional, Pimnas), yang selain diperuntukkan terutama bagi dosen sebagai calon pembimbing, juga terbuka untuk mahasiswa yang berminat atau dinominasikan oleh dosennya untuk mengikuti hibah kompetisi tersebut pada saat penerimaan proposal sudah dibuka oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Kegiatan tersebut akan dimulai pada tanggal 6 November 2020 dengan pemateri Prof. Dr.Eng. Retno Supriyanti, M.Eng. bersama tim yang profesional sehingga diharapkan dapat memberikan materi yang komprehensif.

Posted in

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *