Kegiatan Detasering pendampingan perolehan Hak Kekayaan Intelektual (HKI)

Home / Info Fakultas / Kegiatan Detasering pendampingan perolehan Hak Kekayaan Intelektual (HKI)
hki1

Kegiatan Detasering pendampingan perolehan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) di Universitas Cenderawasih merupakan salah satu dari 5 kegiatan detasering (Penyusunan bahan ajar dan praktika, Sosialisasi dan penyiapan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar, pelatihan pengembangan Teknik Pembelajaran Daring, pelatihan dan pendampingan penulisan karya ilmiah, dan pendampingan perolehan HKI) yang sedang dan akan berlangsung hingga bulan November 2020.

 

Pendampingan perolehan HKI disampaikan oleh detaser Prof. Dr.Eng. Retno Supriyanti, S.T., M.T. dari Universitas Jenderal Soedirman. Pada kegiatan sesi pertama yang dilaksanakan secara daring pada tanggal 27 Oktober 2020, disampaikan materi berupa pengenalan bentuk-bentuk Hak kekayaan Intelektual dengan sifat dan karakteristik masing-masing. Kegiatan diikuti oleh para dosen dari berbagai Fakultas di Universitas Cenderawasih dan partisipan dari Universitas Ottow Geissler.
Secara umum dijelaskan bahwa hak kekayaan intelektual merupakan hak yang timbul dari hasil olah fikir, cipta, rasa, karsa manusia yang menghasilkan suatu proses atau produk barang dan/atau jasa yang berguna bagi manusia. HKI (intellectual property rights) adalah hak eksklusif yang diberikan oleh negara yang merupakan perlindungan atas penemuan, ciptaan di bidang seni, satra, ilmu pengetahuan, desain, teknologi dan pemakaian simbol atau lambang dagang. Jenis-jenis perlindungan tersebut meliputi:
– hak cipta (ilmu pengetahuan, seni, satra)
– hak paten (teknologi produk/proses yang punya fungsi/solusi teknis)
– hak merek (tanda atau nama dagang barang/jasa)
– indikasi geografis (tanda yang menunjukkan daerah asal barang/produk)
– desain industri (produk yang mempunyai nilai estetis)
– desain tata letak sirkuit terpadu (kreasi rancangan elektronika)
– rahasia dagang (informasi di bidang teknologi dan/atau bisnis yang bernilai ekonomis dan dijaga kerahasiaannya)
– perlindungan varietas tanaman, PVT (varietas hasil kegiatan pemuliaan tanaman)
Kegiatan pendampingan perolehan HKI akan berlangsung dalam 3 sesi selama 3 hari (@2 jam) secara virtual.

Kegiatan pendampingan perolehan HKI akan berlangsung dalam 3 sesi selama 3 hari masing-masing pada tanggal 27, 28 Oktober dan 4 November 2020. Adapun rangkaian kegiatan tersebut akan dilanjutkan dengan 3 sesi materi tentang sosialisai Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Pekan Ilmiah Mahasiswa (Pimnas) yang diharapkan dapat diikuti oleh dosen dan mahasiswa.

Posted in

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *