Goes to Campus, IAGI Papua Ajak Mahasiswa Geologi, Tambang dan Geofisika Uncen Wisata Geologi

Home / Info Fakultas / Goes to Campus, IAGI Papua Ajak Mahasiswa Geologi, Tambang dan Geofisika Uncen Wisata Geologi
IAGI 2021

FT UNCEN – Sekitar 20 puluh mahasiswa ilmu kebumian Uncen, USTJ dan Ottow Geisler diajak jalan-jalan sambil belajar tentang ilmu geologi oleh Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Papua pada Sabtu 20 Maret 2021.

Kegiatan goes to campus ini merupakan salah satu program kerja AIGI Pengda Papua di tahun 2021, sekaligus merupakan kegiatan kolaborasi antara anggota IAGI yang berasal dari kampus, birokrasi serta industri.

Menggunakan dua bus, para peserta (mahasiswa) diajak berkeliling mengunjungi satu spot geologi, ke spot lainnya yang terdapat di sekitaran Kabupaten dan Kota Jayapura.

Spot-spot geologi yang dikunjungi merupakan hasil dari proses geologi masa lalu yang saat ini masih meninggalkan jejak untuk diamati, pelajari dan diteliti.

Perjalanan wisata geologi dimulai dari Auditorium Uncen sebagai titik kumpul, kemudian dilanjutkan menuju stasiun awal yaitu pengamatan batuan serpentinite di Telaga Maya Kabupaten Jayapura.

Selanjutnya, secara berurutan, perjalanan dilakukan menuju Rektorat Uncen, Padang Bulan, Abe Pantai, Nafri dan mengikuti Holtekamp, lalu ke Kantor Walikota sebagai titik terakhir.

Adapun spot geologi yang dikunjungi adalah pengenalan alterasi mineral, pengamatan kompleks batuan metamorf, pengamatan statigrafi dan struktur geologi, pengamatan fenomena perlipatan dan fenomena kompleks batuan beku ultra bassa.

Elisabeth Ohee, mahasiswa Teknik Pertambangan, angkatan 2019, Universitas Cenderawasih mewakili para peserta wisata geologi IAGI mengungkapkan perasaan senang dan bahagia karena dapat berpartisipasi dengan kegiatan ini.

Menurutnya, kegiatan ini membantu menjembatani antara pengetahuan ilmu geologi dasar (secara teori) yang didapati dalam ruang kelas dengan kondisi dilapangan.

“Kegiatannya bagus dan menarik. Perlahan, saya menjadi lebih paham tentang ilmu geologi yang selama ini saya pelajari di dalam kelas. Saran saya, kalau bisa, kegiatan seperti ini sering dilaksanakan agar mahasiswa dapat belajar didalam maupun diluar ruang kelas.”

Posted in

Karl Meak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *