Elisabeth Wambrauw, Ph.D : “Strategi Mendorong Pengembangan Pusat-Pusat Pertumbuhan Ekonomi Sepanjang Koridor Trans-Papua”

Home / Info Fakultas / Elisabeth Wambrauw, Ph.D : “Strategi Mendorong Pengembangan Pusat-Pusat Pertumbuhan Ekonomi Sepanjang Koridor Trans-Papua”
Strategi Mendorong Pengembangan Pusat Pertumbuhan Ekonomi

FT UNCEN – Ketua Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Cenderawasih, Elisabeth Veronika Wambrauw ST.,MT.,Ph.D menjadi salah satu nara sumber dalam kegiatan Seminar Online Wilayah Timur yang diselenggarakan oleh BPSDM Kementrian PUPR pada hari Kamis 05 November 2020.

Selain Elisabeth Wambrauw, seminar ini juga diisi oleh beberapa pembicara lain seperti, Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur PUPR, Walikota Sorong,  dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Papua.

Dalam pemaparannya, Elisabeth menyampaikan pentingnya strategi mendorong pengembangan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi yang dilakukan oleh pemerintah di sepanjang koridor trans Papua.

Untuk mencapai hal itu, menurutnya, beberapa hal harus dilakukan: (1) Membuat rencana umum pusat pertumbuhan yang akomodatif dan dinamis; (2) Pembangunan infrastruktur yang cukup; (3) Fasilitas pelayanan sosial-ekonomi; (4) Membangun industri pendorong dan; (5) Memperkuat wilayah pertumbuhan.

Konektivitas daerah di Papua sedang dan akan terus berlangsung. Trans Papua sendiri telah dibangun dengan panjang 4.330.07 kilometer. Sepanjang 3.259,45 km di Papua dan 1.070,62 km di Papua Barat.

Isu-isu strategis lainnya pun ia sampaikan seperti konektivitas yang menghubungkan kampung adat dan pemberdayaan masyarakat lokal dalam segala sektor pembangunan (*)

Posted in

Karl Meak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *