Detasering Kampus Merdeka Sesi #6&7: “BKP Skema Pertukaran Mahasiswa”

Home / Info Fakultas / Detasering Kampus Merdeka Sesi #6&7: “BKP Skema Pertukaran Mahasiswa”
123456

FT UNCEN – Detasering Kurikulum Kampus Merdeka, Merdeka Belajar (KMMB) telah selesai dengan pemaparan materi pamungkas pada Sesi #6&7 dengan judul “Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP), Kurikulum Pertukaran Mahasiswa.”

Sesi 6&7 berlangsung pada tanggal 18 November 2020, pada pukul 15.00 sampai 17.00 Wit.

Sesi ini merupakan sesi terakhir dari keseluruhan materi program detasering Kampus Merdeka yang dilaksanakan di Universitas Cenderawasih yang dikordinir oleh Fakultas Teknik.

Program ini sendiri dimulai sejak tanggal 19 Oktober dan berakhir pada 18 November 2020.

Dalam ulasannnya, Dr Eko memberikan stimulus tentang BKP program pertukaran mahasiswa yang dilanjutkan dengan diskusi dan rekonstruksi kurikulum oleh para dosen peserta kegiatan (Universitas Cenderawasih dan Universitas Ottow-Geisler).

Menurutnya, pola pengembangan kurikulum pertukaran mahasiswa serupa dengan kurikulum magang. Hanya saja, syarat pertukaran mahasiswa, minimal mahasiswa telah mencapai 84 SKS dalam perkuliahan.

Ada beberapa skema pertukaran mahasiswa yang bisa didesain yaitu: pertukaran mahasiswa beda prodi, sesama PT. Sesama prodi, beda PT, dan berbeda prodi, berbeda PT.

Dalam diskusi dan rekonstruksi, para peserta diminta untuk langsung memaparkan konsep pertukaran mahasiswa pada prodinya masing-masing.

Setelah pemaparan itu, bagian terakhir dari sesi ini adalah evaluasi dan penutupan kegiatan.

Dalam ungkapan penutupnya, Dr.Drs. H. Eko. Kuntarto, mengucapkan terima kasih kepada Samuel Siregar (Dosen Teknik Mesin) sebagai koordinator kegiatan Kurikulum Kampus Merdeka yang telah mengkordinir kegiatan ini dengan baik dan lancar, dan juga bapak/ibu peserta yang luar biasa dalam mengikuti keseluruhan kegiatan ini.

Program kegiatan detasering Kurikulum Kampus Merdeka ditutup oleh Dekan Fakultas Teknik, Dr Johni Jonatan Numberi, M.Eng (*).

Posted in

Karl Meak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *