Asesmen Lapangan (Daring) BAN-PT Dalam Rangka Akreditasi Prodi Teknik Mesin D3

Home / Info Fakultas / Asesmen Lapangan (Daring) BAN-PT Dalam Rangka Akreditasi Prodi Teknik Mesin D3
WhatsApp Image 2021-07-07 at 22.38.44

FT UNCEN – Akreditasi Program Studi Teknik Mesin Diploma Tiga (D3), akhirnya dapat berjalan ke tahapan asesmen lapangan.

Melalui Surat dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, Nomor:2252/BAN-PT/SPT-AK/P/2021 yang ditujukan kepada Rektor Universitas Cenderawasih, BAN PT menyatakan bahwa, Prodi Teknik Mesin D3 dinyatakan “lolos asesmen kecukupan,” dan selanjutnya ke tahapan asesmen lapangan.

Asesmen lapangan sendiri dijadwalkan oleh BAN PT pada tanggal 7 dan 8 Juli 2021 dengan mengutus dua asesor, yakni: (1), Dr. Slamet Wahyudi, ST.,MT (Universitas Brawijaya) dan (2), Rudy Yuni Widiatmoko, M.Sc., B.Eng (Politeknik Negeri Bandung).

Kegiatan asesmen ini dilaksanakan secara daring. Yang mana terdapat dua sesi yaitu dengan Pimpinan Perguruan Tinggi (PT) dan sesi untuk Program Studi.

Dihubungi setelah berakhirnya kegiatan asesmen, Ketua Program Studi Teknik Mesin (D3), Anastasia Sri Werdhani, ST.,MT menyampaikan bahwa kegiatan telah berjalan dengan sangat baik dan lancar, walaupun ini adalah pengalaman pertama secara online.

“Ini pengalaman pertama akreditasi secara online dan juga terhadap sembilan standar. Kami harus menyesuaikan dengan banyak hal. Lebih susah, iya, karena jika orangnya (asesor) datang ke Uncen dan ketemu langsung, ia bisa melihat keadaan dan situasi sebenarnya disini secara langsung.”

“Standar sembilan semuanya by document. Melaporkan kegiatan, harus didukung oleh bukti-bukti kegiatan tersebut. Contohnya jika ada MoU. Yang dinilai bukan MoU nya, tetapi kegiatan dari MoU-lah yang menjadi point penilaian. Apa kegiatan MoU nya?” Ujarnya.

Walupun demikian, ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dan mendukung proses ini, baik sejak awal sampai dengan berakhirnya kemarin.

“Dukungan penuh dari Pimpinan Fakultas sangat baik. Mulai dari Bapak Dekan, Pembantu Dekan, 1,2,3, Bagian Kepegawaian, Keuangan, Akademik, Kemahasiswaan, teman-teman di Prodi dan Alumni sangat luar biasa. Kami merasa sangat terbantu dengan persatuan dan kerja sama ini. ”

Terkait dengan hasil asesmen lapangan, ia mengungkapkan jika optimis dan menyerahkan semua ini kepada asesor  BAN PT.

 

Posted in

Karl Meak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *